Kamis, 24 Februari 2011

Tips Kecantikan Kuku

Tips Kecantikan Kuku
 

Kuku merupakan bagian tubuh yang tidak kalah penting dari anggota tubuh lain sehingga kesehatannya perlu diperhatikan. Kuku tangan maupun kuku kaki sangat berfungsi untuk membantu kelancaran aktivitas sehari-hari. Kuku merupakan aksesori tubuh yang diberikan secara alami. Oleh sebab itu, tips kecantikan untuk merawat kuku layak dicoba.
Kuku, terutama bagi wanita, bukan sekadar tempelan penutup ujung jari, melainkan sudah menjelma menjadi bagian dari tren fesyen. Kuku yang indah dan cantik mencerminkan kecantikan pemiliknya. Kuku yang sehat juga mampu mencerminkan kesehatan tubuh. Bila kuku terlihat rusak dan rapuh, berarti asupan gizi dalam tubuh kurang.
Bagian dari Fesyen
Karena kecantikan kuku merupakan bagian dari fesyen, banyak wanita mendatangi salon untuk melakukan manicure dan pedicure agar kuku terlihat cantik dan indah. Sebenarnya, melakukan perawatan kuku bisa dipraktikkan sendiri dengan cara-cara yang benar. Misalnya, memotong kuku secara rutin dengan gunting kuku.
Jika Anda memiliki perlatan manicure dan pedicure, gunakanlah peralatan itu dengan cara yang benar. Setelah pemakaian, simpan peralatan tersebut di tempat bersih dan tertutup agar terhindar dari kuman. Sebenarnya, tanpa peralatan manicure atau pedicure pun, kuku akan terlihat sehat jika dirawat dan diimbangi dengan asupan nutrisi makanan.
Sarang Kuman
Setiap aktivitas manusia dilakukan dengan tangan dan kaki. Secara otomatis, kuku akan menjadi tempat tinggal nyaman bagi kuman jika dibiarkan dalam keadaan kotor. Jangankan melakukan pekerjaan berat, saat menggaruk kepala misalnya, kuku akan kotor dengan minyak rambut atau ketombe. Warnanya pun menjadi hitam yang menandakan bahwa kuman telah bersarang.
Tips Kecantikan Kuku
Kebersihan kuku wajib diperhatikan agar kecantikannya tetap terjaga. Dengan kuku yang bersih, rasa percaya diri pun akan timbul. Kuku yang tampak cantik akan semakin melengkapi kecantikan wanita. Berikut ini merupakan beberapa tips merawat kecantikan kuku.
  • Pada hari-hari tertentu, gunakanlah olive oil untuk merawat kuku Anda.
  • Hilangkanlah noda pada kuku dengan air mineral yang dicampur dengan jus lemon.
  • Hilangkan kebiasaan memotong kulit kuku untuk mencegah infeksi.
  • Jangan menggunakan cat kuku atau kuteks dalam rentang waktu yang panjang karena kuku perlu bernafas. Biarkanlah kuku dalam keadaan tanpa kuteks setiap dua minggu satu kali.
  • Jagalah kesehatan kuku dan kulit dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya kandungan vitamin B dan vitamin B5.
  • Biasakan minum susu dan konsumsi nanas agar kuku menjadi kuat dan mengandung banyak kalsium.
  • Makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, folic acid, dan zinc, akan memperkuat kuku sehingga tidak mudah patah.
  • Ketika mewarnai kuku, sebaiknya dimulai dari bagian bawah untuk melindungi kuku.
  • Hindarkan kuku dari aktivitas yang berat, misalnya mencungkil, menggores, menjepit. Bahkan, menusuk. Perkerjaan tersebut akan merusak kuku.
  • Produk yang memiliki kandungan alkohol akan menyebabkan kerusakan pada kuku.
  • Saat melakukan pekerjaan berat, misalnya mencuci dan berkebun, gunakanlah sarung tangan untuk mencegah kuku dari kerusakan dan kecelakaan lainnya.
Demikianlah tips sederhana untuk merawat kecantikan kuku. Ingat, kuku adalah aksesori alami yang diberikan Tuhan. Oleh sebab itu, jagalah kesehatannya. Selamat mencoba!

sumber: AnneAhira.com Content Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar