Kamis, 24 Februari 2011

Langkah-Langkah Perawatan Kulit Tubuh

KECANTIKAN
Langkah-langkah Perawatan
Kulit Tubuh



Kerut dan keriput tidak hanya bisa menyerang kulit wajah, tetapi juga kulit tubuh Anda. Sementara kulit tubuh yang kendur sering kurang mendapat perhatian karena tidak terlihat dari luar, seperti halnya kulit di wajah. Dan, harap dimaklumi penuaan pada kulit, bukan hanya pada wajah, memang tidak bisa dihindari.
Menurut dokter spesialis kulit dari Jakarta Skin Cente, dr Aryani Sudharmono, penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar ultra violet (UV) matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah telapak tangan bagian atas, paha dan betis.
"Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat, jika kulit tubuh selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika seseorang kurang olahraga," katanya.
Tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Namun, menjadi tua tidak berarti seseorang harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek sebenarnya dapat diatasi dengan perawatan tubuh dan wajah yang benar. "Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu yang mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit tubuh akan anda dapatkan jika melakukan perawatan yang baik sejak dini," tutur dr Aryani.
Berikut ada 4 (empat) langkah mudah untuk perawatan kulit yang bersih dan bersinar.
Pertama, rutin melakukan exploating atau luluran. Biasanya dilakukan 1-2 kali seminggu, tergantung bagaimana kondisi kulit tubuh seseorang, apakah kering dan berkeriput atau masih dalam kondisi sehat dan kenyal. Luluran berguna untuk meluruhkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, serta mencegah kekeringan pada kulit.
Kedua adalah melakukan pembersihan tubuh atau biasa kita kenal sebagai mandi. Mandi berguna untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di kulit sepanjang hari. Sabun yang digunakan saat mandi juga akan memengaruhi keadaan kulit. Pilihlah sabun yang memiliki pH balanced supaya kelembaban kulit tetap terjaga. Pemakaian busa atau spons mandi akan sangat membantu untuk meluruhkan kotoran dan minyak yang menempel.
Ketiga, untuk membantu menjaga kulit tubuh tetap halus dan lembut. Pelembab sangat baik digunakan setelah mandi, karena pada saat itu kulit tubuh dapat menyerap pelembab dengan lebih baik. Pemakaian pelembab sangat penting, terutama jika usia Anda tergolong sudah tidak muda lagi. Karena dengan semakin bertambahnya usia, kelenjar minyak yang berfungsi melembabkan kulit mulai berkurang. "Bila Anda sering berada di ruangan ber-AC, pelembab harus digunakan lebih sering lagi untuk mencegah kekeringan dan dehidrasi. Oleskan pelembab setiap 2 jam sekali, atau saat kulit Anda mulai terasa kering. Pilihkan produk pelembab yang diperkaya dengan berbagai vitamin, antioksidan dan tabir surya," ujarnya.
Keempat, hal yang tak kalah penting adalah nutrisi dari dalam melalui konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E yang sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E terkenal karena khasiatnya sebagai antioksidan.
Setelah tubuh terlihat cling, berikut tahap-tahap perawatan kulit wajah yang bisa bikin wajah bersinar-sinar.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan wajah bisa dengan susu pembersih atau sabun muka. Susu pembersih digunakan untuk membersihkan wajah dari berbagai riasan kosmetik yang menempel.
Bersihkan sisa susu pembersih dengan washlap basah-- bukan dengan kapas. Lap basah, terutama yang hangat dapat mengangkat sisa susu pembersih sampai ke pori-pori. Setelah sisa susu pembersih terangkat semua, lanjutkan dengan pemberian penyegar menggunakan kapas yang ditepuk-tepuk pada wajah.
Untuk pembersih dengan sabun muka, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Pilihlah produk yang pH balance, artinya produk tersebut memiliki pH yang seimbang dan sesuai untuk kulit, tidak terlalu asam maupun alkalis. Sabun dengan pH yang terlalu alkalis menyebabkan kulit muka terasa kencang dan kering.
Melembabkan wajah dapat dilakukan dengan pemberian krim atau lotion pada kulit wajah agar terlindung dari masalah kekeringan. Pilihlah pelembab wajah yang mengandung loaded liposome, yaitu suatu partikel kecil berbentuk bola yang diisi dengan berbagai zat aktif seperti ekstrak thymus, glikoprotein, vitamin C dan E.
Saat ini pelembab wajah ada yang sudah diformulasikan sebagai krim pengencang wajah yang dapat dipakai pada siang atau malam hari. Biasanya krim wajah untuk malam hari, mengandung lebih banyak moisturizer. Pemakaian krim wajah pada malam hari sangat efektif untuk memberi nutrisi ke dalam kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat.
"Melindungi wajah dari radiasi sinar matahari merupakan jurus ampuh untuk tampil awet lebih lama. Sinar matahari dapat menimbulkan flek pada wajah dan mempercepat datangnya kerut. Meskipun Anda sehari-hari bekerja di ruang yang ber-AC, tetap ada kemungkinan wajah terpapar radiasi matahari, karena pancarannya masih dapat mengenai wajah melalui pantulan kaca, air dan lantai," tuturnya.
Karena itu, jika hendak meninggalkan rumah upayakan menggunakan suncare di siang hari. Pilihlah suncare yang tidak mengandung PABA (para amino benzoic acid), karena dapat menyebabkan kulit bertambah coklat.
Mengangkat sel-sel kulit mati melalui proses scrubbing, bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah. Semakin bertambah usia seseorang, kemampuan kulit untuk meregenerasi sel-selnya semakin berkurang. Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit mengakibatkan wajah terlihat kusam dan tidak segar.
Untuk hasil yang terbaik, scrubbing sebaiknya dilakukan seminggu dua kali. Sebaiknya scrub yang digunakan tidak menjadi satu dengan sabun muka.
Satu hal yang mesti dingat adalah untuk tidak sekali-kali menutupi kerut dan keriput dengan berbagai kosmetika. Sebaiknya Anda menggunakan kosmetika bukan untuk menutupi kerut tapi untuk merawat kulit. Perawatan ini akan memperlambat datangnya kerut dan keriput yang menggangu. Kulit akan terlihat kencang walau Anda menginjak usia 40 tahun. (Tri Wahyuni) 
 
sumber: suara karya online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar